PPI Ikuti FGD tentang Rencana Model Bisnis BUMN Klaster Pangan

@PPIPersero mengikuti Focus Group Discussion (FGD) yang membahas rencana model bisnis BUMN Klaster Pangan bersama Kedeputian Industri Pangan & Pupuk, Kementerian BUMN, dan BUMN Klaster Pangan pada (29/4/2021).

Turut hadir para pakar dan pengamat pangan dalam diskusi ini. Menurut Prof. Dr. Ir. Bustanul Arifin, M.Sc. mengenai hadirnya nanti BUMN holding pangan diharapkan perlu penyuluhan intend mengenai pangan serta menjalin kerja sama dengan petani, lembaga Ekonomi pedesaan.

Selain itu, Guru Besar IPB Prof Hermanto Siregar menyampaikan dari benchmark beberapa negara mengenai pengholdingan pangan, perlu peranan Direct & Indirect dalam holding BUMN Pangan agar kesempatan multiplayer semakin besar dan meluas.

Dr. Bayu Krisnamurthi, yang merupakan pakar pangan mengatakan bahwa tantangannya adalah menjadikan holding BUMN Pangan dari skala pangan terpadu menjadi skala besar.

PPI yang saat ini juga dalam proses merger, mendukung penuh percepatan Holding BUMN Klaster Pangan. BGR Logistics akan bergabung ke dalam PPI yang nantinya akan menjadi survival entity. PPI bergerak dari sisi hilir di aspek perdagangan atau trading-nya, sementara BGR dari sisi logistiknya. Kedua perusahaan ini akan bersatu, sehingga akan mendukung sepenuhnya holding BUMN klaster pangan.

PPI akan hadir di setiap mata rantai bisnis tersebut, termasuk juga nanti pemasaran daripada produk-produk klaster pangan baik itu untuk dijual ke pasar lokal kemudian juga antar pulau, dan sampai ke pasar ekspor,

Sebelumnya @RNIHolding sebagai calon induk holding BUMN klaster pangan berharap Peraturan Pemerintah (PP) holding BUMN pangan bisa terbit pada kuartal III tahun ini.