PPI Berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia – Digital Version 2021

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) / PPI berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia – Digital Edition (TEI-DE) 2021 yang berlangsung pada 21 Oktober – 4 November 2021.

TEI merupakan ajang pameran dagang internasional yang menampilkan produk-produk andalan Indonesia kepada para pembeli dari mancanegara.

PPI memanfaatkan TEI yang selama bertahun-tahun telah memposisikan diri sebagai ikon pameran terkemuka berskala internasional yang konsisten mempromosikan potensi produk dan jasa Indonesia ke pasar internasional. Melalui TEI, pelaku industri, termasuk PPI, berkesempatan menjajaki peluang memasarkan produknya ke mancanegara terutama dengan kehadiran buyer internasional, investor, serta jejaring perwakilan RI di TEI.

PPI diberikan kemudahan dan kenyamanan melalui konsep katalog digital (electronic catalogue) yang akan membuat PPI lebih leluasa untuk menampilkan dan mengekplorasi informasi berbagai produk unggulan Indonesia. Dengan begitu, kegiatan interaktif antara seller dan buyer akan berjalan lebih baik.

Situs web juga lebih mudah digunakan dengan bandwidth kecil sehingga akses menjadi lebih mudah dan cepat. Forum dalam rangkaian kegiatan TEI juga diperbarui, yaitu menghadirkan Menteri Perdagangan dari negara sahabat, serta menghadirkan Halal Trade Forum.

Selama pameran berlangsung, akan disediakan tautan daring antara TEI dengan Paviliun Indonesia di World Expo Dubai sebagai referensi silang ragam produk ekspor Indonesia. Tautan tersebut akan membuka peluang lebih besar untuk meningkatkan perdagangan, pariwisata, dan investasi ke pasar internasional lainnya. Tentu saja keterkaitan tersebut diharapkan mampu meningkatkan nation branding Indonesia di luar negeri, khususnya PPI, yang merefleksikan kesiapan Indonesia untuk berkolaborasi dan bekerja sama dengan berbagai negara.

Di dalam TEI, PPI menampilkan produk dan atau komoditi kopi, dessicated coconut, coconut shell charcoal, organic coconut sugar, lada hitam, lada putih, cengkeh, teh, kayu manis, bunga lawang, biji pala, pestisida, dan lain-lain.

“Kami sangat mengapresiasi komitmen Kementerian Perdagangan yang tetap menyelenggarakan Trade Expo Indonesia di tengah kondisi pandemi saat ini untuk mendukung eksportir Indonesia dan menghidupkan kembali perdagangan global, sesuai dengan tema “Reviving Global Trade’. PPI sendiri terus meningkatkan usaha untuk mendorong kinerja ekspor Indonesia,” ujar Ira Berlianty Azis, Manager Humas & Kelembagaan PPI.

Trade Expo Indonesia tentu saja menjadi sumber informasi bagi importir dalam mengakses dan mengenal produk Indonesia, serta memberikan kesempatan yang baik untuk exporter untuk memperluas jangkauannya di pasar internasional.

PPI sendiri beberapa waktu belakangan mengekspor produk dan komoditi ke negara-negara seperti Taiwan, Timor Leste, Singapura, Sri Lanka dan Mesir.

Selain berupaya untuk menjaga kestabilan harga, membantu pelaku UKM, PPI akan terus mendukung Pemerintah meningkatkan ekspor melalui kerja sama perdagangan internasional, sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo terkait strategi meningkatkan traffic perdagangan Negara.