PPI Borong Dua Penghargaan pada GRC & Performance Excellence Award 2022
Dalam ajang GRC & Permofmance Excellence Award 2022, PPI meraih enghargaan “The Best GRC for Corporate Governance” dan “The Best Chief Executive Officer of the Year” dengan predikat five star silver. Penghargaan tersebut diterima oleh Direktur Komersial dan Pengembangan PPI, Andry Tanudjaja, di Fairmont Hotel, Jakarta, pada (27/07/2022).
Ajang yang diselenggarakan oleh Majalah Businessnews Indonesia, GRC & Performance Excellence Award tahun ini mengusung tema “Collaboration and Harmonization – Achieving Business Goals Together”.
Irnanda Laksanawan selaku Ketua Penyelenggara GRC & Performance Excellence Award 2022 sekaligus CEO Businessnews Indonesia menjelaskan tujuan dari kegiatan untuk mengukur corporate rating tahunan di bidang Tata kelola perusahaan, Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan (compliance), dengan pengembangan kebijakan dan penerapan tiga bidang tersebut diharapkan perusahaan dapat meningkatkan kinerja, daya saing maupun reputasi, sehingga secara lebih lanjut dapat memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat.
Chairperson Board of Jury GRC & Performance Excellence Award 2022, yang juga merupakan Dekan Fakultas Komunikasi dan Diplomasi & Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FKD & FEB) Universitas Pertamina, Dewi Hanggraeni dalam kesempatan yang sama memaparkan pentingnya refocusing penerapan manajemen risiko disertai optimalisasi tata kelola perusahaan (Corporate Governance) dan kepatuhan (Compliance) sebagai senjata menghadapi era Volatitility, Uncertainty¸ Complexity, Ambiguity (VUCA).
Penerapan GRC ini juga sebagai dashboard pencapaian tujuan, meningkatkan budaya sadar risiko, meningkatkan confidence level, mengurangi potensi kerugian, lebih efisien, efektif, meningkatkan daya saing, dan mengoptimalkan nilai perusahaan.
PPI sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang perdagangan baik domestik dan internasional, serta logistik terdigitalisasi, sangat erat kaitannya dengan service excellence selaku penyedia jasa. Dalam mendukung bisnisnya PPI terus berupaya untuk melakukan terobosan, salah satunya upaya implementasi Good Corporate Governance (GCG) yang terus ditingkatkan.
Keterbukaan informasi sesuai prinsip transparansi dijalankan dengan pembuatan E-PPID, Whistle Blowing System (WBS) dan fitur live chat yang tersedia di website perusahaan. Akuntabilitas – PPI berhasil mendapatkan sertifikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Suap, sertifikasi standarisasi gudang, pembenahan SOP Bisnis dan Operasional, soft struktur GCG Pedoman Etika Berusaha Code of Conduct. Pertanggungjawaban – secara kontinyu PPI melakukan sosialisasi pengisian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dan pelaksanaan TJSL yang memberikan kebermanfaatan pada sektor ekonomi, sosial, lingkungan, serta hukum sejalan dengan program strategis perusahaan.
PPI telah menerapkan kepemimpinan teknologi, dengan terus meningkatkan untuk integrasi tata kelola seperti pembangunan dan penerapan aplikasi pendukung dalam supply chain management yang dimanfaatkan secara end to end dan terintegrasi. Ekosistem teknologi ini telah diimplementasikan untuk mendukung aktivitas back office maupun frontliner (sales) untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
Selain itu, adanya Divisi Manajemen Risiko yang secara rigid menyusun profil risiko setiap lini bisnis agar kinerja perusahaan tetap optimal termasuk dalam implementasi nilai Kemandirian. Kewajaran – PPI sejak tahun 2021 mulai menjalankan Pay for Performance, komposisi pegawai yang menyesuaikan arahan Menteri BUMN RI terkait jumlah perempuan dalam jabatan struktural serta total pegawai millennial.
“Langkah pencapaian visi, misi, dan tujuan perusahaan juga didukung oleh aktivitas pengawasan intern berupa assurance dan consulting dalam rangka memberikan nilai tambah bagi perusahaan dengan menyediakan penilaian yang independen dan obyektif terhadap pengendalian intern, manajemen risiko, dan proses tata kelola di perusahaan,” disampaikan Noverita Anggraeny Kepala Sekretariat Perusahaan PPI dalam proses penjurian minggu sebelumnya.
“Manajemen PPI aware dan menindaklanjuti secara serius penerapan GRC di lingkungan perusahaan. Tata kelola yang apik akan berdampak pada peningkatan trust stakeholder, mitra dan customer. Selain dampaknya terhadap kredibilitas perusahaan ke pelanggan eksternal, hal ini menjadi senjata untuk agile menghadapi perubahan dan risiko bisnis,” disampaikan Andry Tanudjaja pada malam penganugerahan di Jakarta.
“Dengan diberikannya penghargaan kepada PPI di ajang GRC & Performance Excellence Award 2022 ini, PPI mendapat value dan trust lebih dari customer. Penerapan tata kelola, penguatan fungsi internal audit, dan risk management membuat pelanggan lebih nyaman bertransaksi dengan perusahaan kami,” lanjutnya.
Dalam lingkungan ID Food Group tentu semua hal terkait peningkatan fungsi GRC ini mendapatkan perhatian yang baik, seluruh manajemen berkomitmen dan memastikan roadmap GRC sebagai strategi inisitatif dalam pengelolaan bisnis dan ekosistem pangan.