PPI Sediakan Logistik Pangan Kementerian Luar Negeri untuk Bantuan Kemanusiaan

 

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) / PPI terus fokus pada peningkatan kapabilitas trading dan logistic dalam tatanan Holding BUMN Pangan yang telah bentuk secara resmi pada Jumat (07/01/2022) di Jakarta.

Dalam kapasitasnya sebagai penyedia bahan pangan dan logistik bersama anak perusahaan PPI yaitu BGR Logistik Indonesia, telah diselesaikan pemenuhan logistik pangan untuk bantuan kemanusiaan Kementerian Luar Negeri ke Afganistan.

Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Luar Negeri, telah mengirim 2 pesawat berisi bantuan kemanusiaan untuk Afganistan yang terancam kelaparan dan malnutrisi.

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, pada pernyataannya menjelaskan bahwa bantuan kemanusiaan itu berupa makanan dan nutrisi yang diperlukan oleh rakyat Afganistan saat ini, melalui koordinasi dengan badan-badan PBB yang berada di lapangan, khususnya World Food Program.

Menlu menjelaskan bahwa bantuan kemanusiaan diberikan atas respon terhadap situasi yang memburuk di Afghanistan. Sejumlah 23 juta penduduk terancam kelaparan dan jumlah tersebut melebihi setengah penduduk Afganistan. Lebih dari 3 juta anak-anak Afganistan juga terancam malnutrisi.

“Indonesia terus berupaya memperkuat dan berkontribusi dalam diplomasi kemanusiaan. Buat Indonesia, safety and wellbeing rakyat akan selalu menjadi prioritas,” ujar Menlu.

Nina Sulistyowati, Direktur Utama PPI, menyatakan bahwa PPI akan memaksimalkan perannya dalam program kemanusiaan tersebut.

“PPI dalam end state supply chain ekosistem pangan sangat memaksimalkan fungsi trading dan logistiknya dalam pemenuhan pangan untuk bantuan kemanusiaan ini. Harapan ke depan, kami akan lebih berkontribusi dalam program-program pemerintah dalam ketahanan pangan,” terang Nina.

“Alhamdulillah, telah release dan kami telah kami serah terimakan ke Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia pada akhir minggu lalu atas produk pangan yang kami siapkan sebanyak kapasitas 2 pesawat. Tentu kami optimalkan supaya dapat memberikan pemenuhan yang baik dalam pengadaan kebutuhan pangan tersebut, apalagi ini merupakan misi kemanusiaan yang berharap dapat menyelamatkan bangsa yang sedang dilanda krisis,” tambah Andry Tanudjaja, Direktur Komersial dan Pengembangan PPI, pada pernyataanya.

Adapun bantuan pangan yang disediakan oleh PPI ini terdiri dari paket susu formula, beras, minyak goreng, serta proses logistik.
Saat ini PPI merupakan member dari ID Food yang merupakan BUMN Pangan bersama-sama dengan Berdikari, Garam, Perindo, SHS, di bawah Holding RNI (Persero).

Saat ini PPI ditunjang oleh 32 cabang dan 22 Divisi Regional dari anak perusahaan BGR Logistik Indonesia, 6 Representative Office di 6 negara, serta 60 ribu mitra Warung Pangan dan Toko Grosir Desa.

Peran PPI dalam rantai trading dan logistic memiliki strategy initiative dalam pengembangan ekspor atau ekspor gateway Holding BUMN Pangan yang salah satu misinya adalah inklusivitas petani, peternak, nelayan, dan UMKM.