Erick Thohir Lepas Ekspor Kopi PPI Perdana Tahun 2022

@PPITradelog melakukan ekspor kopi perdana tahun 2022 sebanyak 130 ton ke Mesir, yang dilepas langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir di Lampung, pada (30/01/2022).

Secara reguler, mulai Januari ini PPI akan terus mengeskpor kopi ke Mesir sampai akhir tahun 2022 hingga 3000 ton berdasarkan kontrak yang ditandatangani awal Januari lalu. Ekspor ini sendiri telah berlangsung sejak September 2021 berdasarkan kontrak yang telah ditandatandatangi pada tahun 2021 yaitu sebanyak 600 ton.

Kerja sama bilateral ini merupakan salah satu langkah untuk membangun kekuatan ekonomi di wilayah masing-masing, yang dapat memperluas akses pasar produk Indonesia lainnya menuju Afrika, Eropa, dan Timur Tengah. Indonesia sendiri merupakan negara pengekspor kopi ke Mesir terbesar di dunia.

@ErickThohir mengatakan Kementerian BUMN saat ini tengah membangun suatu ekosistem untuk mendukung perkembangan produksi kopi di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan kesejahteraan petani kopi di Indonesia mengingat 96% produksi kopi dilakukan oleh para petani asli.

Acara pelepasan ekspor tersebut juga dibarengi dengan launching PMO Kopi Nusantara yang anggotanya terdiri dari BUMN, swasta nasional, asosiasi, dan lembaga research and development (R&D), yang diharapkan mampu mendorong kemajuan ekosistem industri kopi di Tanah Air dan mampu mengakomodasi kepentingan pelaku bisnis kopi hingga mendorong industri kopi dalam negeri untuk berdaya saing global.