PPI Pasarkan Kopi dan Produk Indonesia Lainnya dalam Dubai Expo 2020

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia Member Of ID Food berpartisipasi dalam Dubai Expo 2020 melalui inisiasi ID Food Holding bersama member ID Food lainnya. Keikutsertaan ini dilakukan secara daring di Jakarta dan Dubai dalam Business Forum yang digelar secara khusus pada Kamis, (24/03/2022).

Paviliun Indonesia di Dubai Expo 2020 merupakan etalase Indonesia di kancah dunia yang mempromosikan peluang-peluang investasi di Indonesia kepada para investor di seluruh dunia. Begitu juga dengan keikutsertaan ID Food dengan PPI sebagai member holding dalam expo tersebut, berkesempatan menawarkan produk-produk dan komoditinya kepada seluruh calon buyer di dunia.

Business Forum menghadirkan calon mitra bisnis dari berbagai negara yang terdiri dari para pelaku usaha teh, kopi, beras, perikanan, dan komoditas pangan lainnya. Diharapkan, kegiatan tersebut dapat membuka peluang peningkatan ekspor dengan menggandeng calon mitra strategis.

Partisipasi aktif perusahaan dalam event internasional tersebut merupakan bagian dari upaya ID FOOD mengembangkan sektor hilir melalui perluasan distribusi hingga ke mancanegara.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan produk pangan unggulan perusahaan yang berpotensi sebagai komoditas ekspor, serta membuka peluang peningkatan ekspor dengan menggandeng calon mitra strategis.

Sebagai kota perdagangan dan salah satu pusat logistik utama dunia, Dubai sangat strategis, menjadi hub perdagangan yang besar. Dubai berperan sebagai agen untuk pengembangan jaringan mitra usaha dan perluasan pasar produk Indonesia ke Timur Tengah, Afrika maupun Eropa.

PPI sebagai ekspor gateway Holding BUMN Pangan, akan memanfaatkan peran Dubai untuk peningkatan ekspor produk pertanian, kopi, teh, beras, dan ikan yang di supply dari produksi member ID Food yaitu Perindo, SHS, Berdikari dan Mitra Kerinci.

Presentasi dari PPI yang dibawakan oleh Dian Purnama Latief selaku Kepala Departemen Perdagangan Internasional, mempresentasikan produk-produk kepada calon buyer yang difasilitasi para ITPC atau Atase Perdagangan dari berbagai negara, sehingga praktis dihadiri para undangan calon buyer yang tidak hanya dari UEA, tetapi dari berbagai negara lainnya.

“Kopi merupakan salah satu produk andalan PPI yang kami tawarkan pada kesempatan Dubai Expo ini kepada calon mitra di berbagai negara. Kami menyampaikan berbagai macam spesifikasi kopi dari daerah-daerah di Indonesia,” ujar Dian.

Beberapa saat yang lalu, PPI melakukan ekspor kopi secara regular dengan negara tujuan Mesir, dengan kontrak total 3000 ton.